Segudang Manfaat Tidur Siang Selama 10 Menit

 

Terkadang, tidur siang menjadi sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh para pekerja kantoran. Padahal aktfitas pasif tersebut dapat meningkatkan aktifitas-aktifitas selanjutnya dan juga berdampak positif untuk meningkatkan kinerja. Sebenarnya tidur siang dapat dilakukan hanya dengan 10 menit saja sehingga orang-orang yang bekerja di kantoran ataupun orang yang super sibuk masih tetap meluangkan tidur siang tersebut. Yuk intip manfaat dari tidur siang 10 menit tersebut pada ulasan dibawah ini.

Apa saja manfaat tidur siang 10 menit?

  1. Fisik lebih kuat

Tidur siang selama 10 menit memang terkesan singkat akan tetapi aktifitas tersebut ternyata mampu memperkuat fisik. Bagi para pekerja kantoran yang disibukkan dengan berbagai agenda dan tugas tentu cepat lelah dan badan terasa cepat pegal-pegal. Hal tersebut dapat diobati dengan mengistirahatkan tubuh sejenak pada waktu istirahat. Dengan tidur siang selama 10 menit maka fisik tubuh akan lebih segar dibandingkan sebelumnya dan menjadi lebih kuat sehingga kinerja akan meningkat. Hal tersebut tentu akan membuat pekerjaan-pekerjaan terselesaikan dengan cepat.

  1. Rasa kantuk berkurang

Pada siang hari tepatnya waktu-waktu istirahat, tubuh seseorang memang menunjukkan puncak kelelahan dan membutuhkan istirahat sejenak dengan tidur siang. Sebenarnya tidur siang tidak memerlukan waktu yang lama. Luangkan waktu Anda selama 10 menit untuk tidur siang di sela-sela jam istirahat. Apabila Andamenjalankan aktifitas tidur siang yang singkat tersebut maka rasa kantuk dan lelah akan berkurang.

  1. Meningkatkan kewaspadaan

Aktifitas tidur siang 10 menit pada sela-sela jam istirahat ternyata memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kewaspadaan. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan dengan tuntutan ketelitian yang tinggi maka sebaiknya meluangkan waktu untuk tidur siang selama 10 menit. Hal tersebut mampu meningkatkan ketelitian serta kewaspadaan. Setelah badan istirahat maka akan lebih segar dan tingkat kewaspadaan makin meningkat. Selain itu juga akan mengurangi kelalaian saat menjalankan tugas tertent.

  1. Kinerja kognitif lebih maksimal

Otak manusia membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk menyimpan serta memproses segala ingatan. Bagi para pelajar dan pekerja tentu wajib meluangkan waktu untuk tidur siang minimal 10 menit agar kinerja kognitifnya lebih maksimal. Tidur siang menjadi salah satu kegiatan yang mampu mengistirahatkan otak. Apabila Anda kekurangan waktu untuk tidur atau istirahat maka dapat menurunkan fungsi otak dalam berpikir.

  1. Bagus untuk Mengatasi Insomnia

Insomnia sangat mengganggu wanita karena ketika tidak bisa tidur di malam hari kebanyakan wanita mengemil sehingga bisa membuat tubuh makin melebar. Masalah insomnia dapat diatasi dengan mudah dengan cara tidur pada saat siang hari. Saat Anda tidur di siang hari maka tubuh akan menjadi lebih rileks dan saat di malam hari Anda bisa tidur dengan lebih nyaman dibandingkan dengan sebelumnya.

Demikian ulasan tentang manfaat tidur siang selama 10 menit. Anda bisa melakukannya saat istirahat di tempat Anda bekerja. Tidur dengan waktu singkat tersebut dapat dilakukan dengan cara duduk dan bersandar di tempat yang dirasa nyaman. Dengan mengistirahatkan otak sebentar maka Anda bisa mengistirahatkan tubuh dengan lebih baik. Selamat mencoba.

Rujukan Lainnya:

definisi siang klinik, mimpi nimbang udang

[Dwi Utami - DokterGaul.com]