Bahaya, Jangan Asal Pencet Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan. Sebenarnya jerawat dapat timbul dibagian kulit tubuh yang lain misalnya seperti di leher ataupun di punggung. Adanya jerawat pada kulit wajah tentu akan mengurangi rasa ercaya diri sehingga banyak orang yang memencetnya agar cepat hilang dan mengering. Padahal cara tersebut tidak efektif bahkan bisa menimbulkan bahaya. Yuk simak selengkapnya pada ulasan berikut tentang bahaya memencet jerawat di wajah.

Inilah Bahaya Pencet Jerawat

  1. Timbul bekas luka

Saat jerawat menyerang kulit wajah, seringkali tangan ingin menggaruk dan akhirnya memencetnya karena dirasa sangat mengganggu. Memencet jerawat memang seolah-olah dapat menghilangkan jerawat dengan cepat akan tetapi hal tersebut justru membuat masalah lain seperti akan timbulnya bekas jerawat. Noda bekas jerawat tersebut tentu akan mengganggu penampilan Anda juga. Nah, apabila hal tersebut sudah terjadi pada diri Anda maka alangkah baiknya memakai cream penghilang bekas jerawat agar penampilan Anda menjadi sempurna kembali.

  1. Infeksi

Memencet jerawat di wajah memang tidak dianjurkan karena kebanyakan orang asal-asalan dalam memencetnya. Bagi orang-orang tertentu yang kurang asupan vitamin dan zat besi akan lebih rentan terkena infeksi. Hal tersebut tentu akan sangat merepotkan karena infeksi yang terjadi akan mengakibatkan bakteri dapat berkembangbiak dengan cepat. Bila bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit wajah tentu akan menjadikan masalah gangguan kesehatan yang lainnya.

  1. Jerawat bisa menyebar

Asal pencet jerawat ternyata bisa menimbulkan masalah yang sangat besar yaitu jerawat dapat makin menyebar dan bertambah banyak. Kasus yang sebenarnya ialah memencet jerawat akan memindahkan lemak dan kotoran dari area yang terkena jerawat menuju tangan dan pindah ke area kulit wajah lainnya yang kemungkinan belum terkena jerawat. Tangan Anda yang kotor tersebut akan menyentuh bagian kulit wajah yang lain dan hal tersebut menjadikan jerawat makin menyebar. Alangkah baiknya hindari atau kurangi memegang kulit wajah dengan tangan yang kotor.

  1. Kematian

Berdasarkan penelitian yang ada, ternyata wajah tiap manusia memiliki segitiga kematian. Area wajah tersebut biasanya terletak di sekitar mulut, hidung, dan mata. Pada ketiga area itu terdapat syaraf-syaraf yang penting bahkan pembuluh darahnya langsung bermuara ke otak. Nah, bila bagian tersebut terluka maka akan menimbulkan risiko yang amat besar misalnya seperti kebutaan, kelumpuhan hingga menuju kematian.

Hal-hal yang sepele seperti pencet-pencet jerawat ternyata dapat menimbulkan dampak yang fatal untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya jerawat dapat dicegah dengan cara rajin membasuh dan membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang tepat. Anda bisa memakai produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda sehingga tidak menyebabkan iritasi. Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

efek samping downy kadaluarsa, bakteri coccoid, pengobatan bakteri coccoid, pidato bahayanya memakai soflen, bahaya kodok cakung, pidato tentang bahaya penggunaan softlens, apa itu bakteri cocoid, announcement kematian, waita yg suntik bakteri ketubuhy, Efek sampimg gomta gamti hand body

[Dwi Utami - DokterGaul.com]