Yuk Intip Cara Penanganan Luka Bakar dengan Tepat

Luka bakar tentu sangat mengganggu dan membuat rasa yang tidak nyaman. Biasanya luka bakar disebabkan oleh ketidaksengajaan misalnya saat bermain kembang api. Tidak hanya anak-anak saja ternyata banyak orang dewasa yang masih juga mengalami luka bakar karena hal-hal kecil yang tidak disengaja. Alangkah baiknya luka bakar tersebut ditangani terlebih dahulu dengan menggunakan cara-cara yang tepat sehingga tidak menjadi lebih parah. Berikut ini cara penanganan yang tepat saat terdapat luka bakar di kulit.

Cara-cara penanganan Luka Bakar dengan tepat

  1. Memakai minyak zaitun

Minyak zaitu seringkali dipakai untuk merawat kulit wajah ataupun untuk kecantikan yang lain. Namun, kali ini minyak zaitu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar pada kulit. Minyak tersebut memiliki kandungan vitamin dan asam lemak esensial sehingga sangat membantu dalam menyembuhkan luka bakar. Nutrisi dari minyak zaitun juga sangat menting dalam memperbaiki luka bakar serta mampu menghambat organisme yang berbahaya untuk menyerang sehingga tidak akan mengakibatkan infeksi ataupun luka yang parah.

  1. Minyak kelapa dicampur jus lemon

Anda bisa menyiapkan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa dan jus lemon karea kedua bahan tersebut mampu mengobati luka bakar ringan. Minyak kelapa yang kaya akan vitamin E dan asam lemak ternyata mampu megobati kulit yang terbakar. Anda bisa menambahkannya dengan jus lemon atau perasan buah lemon agar proses penyembuhannya lebih cepat. Jus lemon pada olesan tersebut berkhasiat untuk menghilangkan bekas pada luka bakar.

  1. Bawang

Bahan yang mudah dicari dalam proses penyembuhan luka bakar adalah bawang putih. Anda dapat memanfaatkan bumbu dapur tersebut untuk mengurangi rasa sakit sekaligus untuk menyembuhkan luka tersebut. Bawang putih mengandung sulfur dan quercetin yang bisa mencegah terjadinya kulit melepuh pada area kulit yang terbakar. Cara penyembuhan dengan bawang putih ini termasuh mudah yaitu dengan menempelkan potongan bawang putih pada area yang terbakar.

  1. Putih telur

Luka bakar dapat disembuhkan dengan memakai putih telur ayam kampung. Telur kampung memang sangat bagus untuk mengobati berbagai penyakit karena kandungan khasiatnya memang banyak. Putih telur kampung tersebut dapat dipisahkan dar kuningnya setelah itu, Anda dapat melumuri kulit yang terbakar dengan memakai putih telur tersebut. Cara yang demikian sangat efektif dalam meringankan rasa sakit pada luka bakar.

  1. Teh Celup

Teh celup juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan rasa sakit pada luka bakar. Kandungan asam tannic memang berpengaruh baik dalam meredakan rasa sakit tersebut. Teh celup yang sudah selesai di seduh dapat diambil beserta kantongnya utuh lalu di tempelkan pada bagian luka bakar. Proses tersebut memang tidak langsung menyembuhkan luka bakar akan tetapi lebih meringankan rasa terbakar yang dirasakan.

Demikian cara-cara mengatasi luka bakar agar tidak makin parah. Cara tersebut dapat diterapkan dengan mudah karena memanfaatkan bahan-bahan yang biasanya berada di rumah. Penanganan pertama pada luka bakar sangat penting untuk menghindari terjadinya luka yang lebih besr atau terjadinya infeksi. Semoga dengan ulasan diatas dapat membantu Anda dalam menangani luka bakar dengan tepat.

Rujukan Lainnya:

cara menghilangkan geli di leher, soal pilihan ganda tentang perawatan luka, getah bonteng, neoplesenta, pengertian getah bonteng pada luka, penyakit getah bonteng, cara menghentikan getah bonteng pada luka, cara mengobati tanduk sapi patah, luka baka salep prodermis, portsio bengkak

[Dwi Utami - DokterGaul.com]