Begini Caranya Agar Rutin Lari Pagi

DokterGaul.com – Lari pagi memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Dengan rutin melaksanakan lari setiap pagi, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat bahkan melebihi apa yang Anda harapkan.

Namun, untuk bisa bangun setiap pagi dan mendorong diri Anda rutin melaksanakan lari pagi adalah tantangan tersendiri. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar dapat terbiasa bangun pagi.

Cukup Tidur Malam

Setiap orang memiliki jadwal dan kebutuhan tidurnya masing-masing. Pada umumnya, seseorang butuh waktu sekitar 7 hingga 8 jam untuk mendapatkan tidur yang cukup. Oleh karena itu, sebaiknya Anda pergi tidur lebih cepat agar Anda memiliki cukup waktu untuk mendapatkan tidur sesuai kebutuhan Anda.

Persiapkan Pakaian Anda Sebelum Tidur

Anda tentu saja tidak ingin menghabiskan pagi Anda hanya untuk mencari pakaian yang cocok atau pasangan kaus kaki yang terselip entah dimana. Menyiapkan pakaian Anda sebelum tidur dapat menghemat waktu Anda dan membuat Anda lebih cepat bersiap-siap berangkat lari pagi.

Pemanasan

Bagi Anda yang baru memulai lari pagi, otot Anda tentu saja akan terasa kaku. Sebaiknya Anda melakukan pemansan terlebih dahulu sebelum melakukan lari pagi. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan mengalami cedera.

Cari Teman Lari

Melakukan lari pagi bersama teman tentu saja akan membuat Anda lebih bersemangat dibandingkan melakukan lari pagi seorang diri. Carilah seorang teman untuk lari pagi, Anda bisa mengajak sahabat Anda, pasangan, atau bahkan anak Anda bila Anda telah memiliki anak.

Santailah

Jangan bersikap terlalu keras pada diri Anda. Memulai latihan dengan keras hanya akan membuat badan Anda lelah, dan Anda menjadi enggan melakukannya untuk kedua kali. Anda bisa mengambil waktu lari pagi pada jeda antara jadwal Anda biasa bangun pagi, hingga waktu Anda bersiap ke kantor. Perlahan-lahan Anda bisa membiasakan diri Anda untuk bangun lebih pagi dari biasanya. Namun jangan membuatnya terlalu ekstrim hingga Anda merasa kesulitan karenanya.

Ikuti Ritmenya

Lari pagi pertama Anda akan terasa cukup berat. Namun, seiring dengan semakin rutinnya Anda melakukan lari pagi, Anda akan melihat bahwa hal tersebut akan terasa semakin mudah bagi Anda.

 

Rujukan Lainnya:

ari ari kucing sebagai jimat, jimat ari ari kucing

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]