Inilah Tanda Anda Butuh Makan Agar Kurus

DokterGaul.com – Menurunkan berat badan dan menghemat uang secara konsep memang cukup sama. Untuk menghemat uang, anda perlu mengurangi pengeluaran, sedangkan untuk menurunkan berat badan anda perlu mengurangi konsumsi kalori.

Inilah Tanda Anda Butuh Makan Agar Kurus

Namun, mengurangi terlalu banyak kalori juga tidak baik. Sebab untuk membakar kalori, tubuh juga memerlukan kalori. Ini seperti ketika anda akan menyalakan api unggun, anda akan membutuhkan api kecil sebagai pemicunya.

Dengan adanya kalori yang cukup, tubuh akan memiliki cukup energi untuk menjalankan proses metabolisme. Tanpa adanya kalori yang cukup, proses metabolisme akan berjalan lebih lambat sehingga pembakaran kalori juga menjadi lebih sulit.

Di samping itu, melakukan diet rendah kalori secara ketat membuat anda semakin sulit menahan diri dari godaan cemilan dan makanan lainnya.

Idealnya, seseorang membutuhkan sekitar 2.200 hingga 2.600 kalori per hari tergantung jenis kelamin, kegiatan, dan tujuan anda. Mengkonsumsi kalori di bawah kebutuhan akan membuat fungsi-fungsi biologis dalam tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Berikut ini beberapa tanda anda mengalami kekurangan kalori dan perlu makan lebih banyak:

Anda Hanya Memikirkan Makanan

Jika anda kesulitan berkonsentrasi sepanjang waktu dan hanya memikirkan waktu makan malam, bisa jadi anda tidak makan cukup saat sarapan atau makan siang.

Mengkonsumsi cemilan sehat akan membantu anda memenuhi kebutuhan kalori harian anda dan membantu anda untuk fokus. Jangan takut menjadi gemuk karena mengkonsumsi beberapa cemilan sehat. Rasa lapar justru akan membuat anda makan lebih banyak dan menggagalkan diet anda.

Anda Melewatkan Sarapan atau Waktu Makan Lainnya

Mengganti menu sarapan dengan segelas kopi bukanlah keputusan yang bijak. Meskipun hal tersebut dapat mengurangi konsumsi kalori harian anda, namun hal tersebut akan mengganggu psikologis anda.

Jika anda berencana melakukan diet, alih-alih mengurangi waktu makan, sebaiknya anda memecah waktu makan anda menjadi 3 kali makan berat dalam porsi kecil dan 2 kali cemilan sehat. Hal ini akan lebih membantu anda untuk mendapatkan kalori dan nutrisi yang cukup.

Anda Merasa Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu tanda bahwa otak anda mengalami kekurangan glukosa. Glukosa bisa didapatkan melalui konsumsi karbohidrat. Membatasi kalori dan karbohidrat terlalu banyak dapat membuat otak anda kekurangan energi sehingga menimbulkan rasa pusing atau sakit kepala.

Anda Menjadi Mudah Marah

Perasaan lapar dapat membuat mood anda berubah. Jika anda merasa menjadi terlalu sensitif dan mudah marah, bisa jadi ada yang salah dengan diet yang anda lakukan.

Tambahkan sedikit kalori dalam diet anda, dan ingatlah, diet yang anda lakukan adalah untuk menurunkan berat badan dan bukan mengubah mood anda jadi buruk.

Rujukan Lainnya:

arti mimpi makan kedelai, pusing setelah makan kikil, mimpi makan kacang k, Mimpi makan ke, Mimpi makan kedelai, Mimpi makan nasi serta kacang kedelai, Mimpi makan nasi putih dan kacang kedelai, Mimpi makan kacang kedelai, mind map tentang metabolisme karbohidrat, khasiat gastran

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]