Suka Minum Kopi? Ini Lho Manfaat Tak Terduga dari Kopi!

DOKTERGAUL.COM – Setiap orang pasti suka minum kopi. Kopi memang nikmat sekali. Minuman berwarna hitam pekat ini memang difavoritkan banyak orang, termasuk saya sendiri.

Dulunya saya tidak menyukai kopi, tapi saya sekarang adalah salah satu “coffee addict” yaitu seseorang yang kalau tidak minum kopi sehari akan merasa “kurang”, kurang bersemangat, kurang bertenaga juga kurang berkonsentrasi.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Tubuh rasanya lemas dan tak bergairah sama sekali bila tidak minum kopi, dan itu adalah faktanya. Dulu saya tidak begitu suka minum kopi, sejak saya pindah ke pulau sumatera, saya jadi mengagumi dan mencintai kopi.

Hal itu mungkin dikarenakan karena disini, di daerah saya kebanyakan orang menyukai dan mencintai kopi, sepertinya memang tidak bisa hidup jika tidak meminum si hitam manis ini.

Tapi tahukah kamu selain kopi itu dicintai, disukai karena kenikmatannya ternyata ada beragam manfaat kesehatan yang akan anda dapatkan jika anda memiliki hobi maupun kegemaran meminum kopi. Apa saja itu, mari kita simak bersama-sama.

Ternyata hanya dengan minum kopi secara rutin setiap harinya, seseorang dapat menikmati hidup lebih lama daripada seseorang yang tidak mengkonsumsi kopi.

Seorang peneliti dari universitas harvard menemukan fakta mengejutkan tentang kopi, para peneliti mengungkapkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi sebanyak tiga sampai lima cangkir kopi hitam setiap harinya dapat terhindar dari banyak penyakit mematikan daripada seseorang yang tidak meminum kopi yang tidak rentan terhadap penyakit-penyakit mematikan.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Mereka menemukan fakta dari penelitian mereka bahwa kopi dapat menjadi “tameng ” ataupun pelindung dari berbagai penyakit mematikan seperti contohnya adalah penyakit serangan jantung, penyakit yang menyerang syaraf otak manusia, diabetes serta stress yang bisa mengakibatkan seseorang mengakhiri hidupnya sendiri.

Walter Willet, seorang peneliti nutrisi dari Universitas Harvard mengemukakan bahwa entah suatu kopi mengandung cafein maupun tidak.

Kopi tetap berguna maupun bermanfaat bagi tubuh manusia karena manfaat-manfaat kesehatan yang didapatkan ketika seseorang mengkonsumsi kopi bukanlah berasal dari cafeine, tapi karena kandungan senyawa yang sejenis dengan senyawa yang ada di kacang-kacangan maupun polong-polongan yang ada di minuman kopi tersebut.

Peneliti melakukan penelitian dengan 200.000 orang partisipan yang tersebar, kemudian mereka diberikan beberapa pertanyaan mendasar tentang kebiasaan mereka dalam minum kopi yang mereka lakukan selama 4 tahun terakhir.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Peneliti menemukan fakta bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi dalam level moderate ataupun menengah berpeluang menurunkan resiko kematian karena banyak penyakit mematikan yang tiba-tiba menyerang tubuh.

Penyakit-penyakit tersebut meliputi penyakit kardiovaskular ataupun penyakit jantung, diabetes, penyakit-penyakit yang menyerang sistem syaraf manusia seperti contohnya adalah penyakit skizofrenia dan parkinson serta Stress yang dapat meningkatkan keinginan untuk bunuh diri.

Tetapi, para peneliti juga menemukan fakta baru bahwa tidak ada kaitan berarti antara kebiasaan minum kopi sehari-hari dan juga penyakit kanker.

Jadi hal ini sekaligus membantah anggapan selama ini yang berkembang di masyarakat bahwa kopi dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, salah satunya adalah penyakit kanker kulit.

Nah, jadi untuk anda yang selama ini hobi sekali mengkonsumsi si hitam manis, gak masalah deh kalau anda masih menyukai minum kopi, karena ternyata kebiasaan anda memberi manfaat bagi tubuh. Dan untuk anda yang belum menyukai kopi untuk sekarang, ada baiknya jika anda mulai mengkonsumsi kopi mulai sekarang.

Demikianlah informasi singkat tentang manfaat kopi semoga dapat menambah informasi bagi Anda. Salam sehat selalu!

Rujukan Lainnya:

minum kapsida saat menstruasi, kopi campur pala, kopi campur autan, konsumsi kapsida saat haid, khasiat kopi harimau, efek kopi campur pala, reaksi jamu wayang, manfaat kopi harimau, ctm dicampur kopi, bahaya kopi harimau

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]