Inilah Makanan yang Baik untuk Para Penderita Typus

Typus adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri Salmonella Thypi.  Penyakit ini memiliki gejala-gejala seperti demam, sakit perut, lidah bewarna putih, mual hingga muntah, serta  adanya perubahan pola BAB. Biasanya bakteri tersebut  tercemar pada minuman atau makanan yang tidak higenis. Sebaiknya Anda perlu berhati-hati saat memilih makanan ataupun tempat makan agar Anda tidak terkena penyakit typus. Berikut ini akan ada ulasan tentang makanan-makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita typus.

Makanan yang baik untuk penderita typus

  1. Daging Ayam

Penyakit typus memang dapat menyerang siapa saja dan menyebabkan badan terasa lemas. Saat itulah para penderita typus membutuhkan asupan gizi yang lebih agar dapat sembuh dengan cepat. Para penderita typus dapat mengonsumsi daging ayam rebus tanpa kulit yang kaya dengan protein. Daging ayam tersebut juga dapat dimasak dengan campuran bahan-bahan lainnya misalnya seperti sayur mayur agar vitamin dan mineral dapat terpenuhi dengan baik.

  1. Kacang kedelai

Perlu Anda ketahui bahwa kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang bagus dikonsumsi oleh penderita typus. Kacang kedelai tersebut dapat dimasak secara sederhana saja yaitu dengan direbus. Proses pemasakan tanpa menggunakan minyak ini tentu akan lebih baik dan aman untuk para penderita typus saat mengonsumsinya.

  1. Tahu

Tahu adalah salah satu produk dari biji kedelai yang juga memiliki kandungan protein nabati yang tinggi. Para penderita typus tentu membutuhkan asupan gizi yang cukup sehingga daya tahan tubuh makin meningkat dan dapat melawan penyakitnya. Tekstur tahu yang lembut dapat dimakan lebih mudah oleh penderita typus. Tahu tersebut dapat diolah dengan sayuran-sayuran lainnya sehingga nutrisinya dapat bertambah.

  1. Pisang

Buah pisang memiliki rasa yang enak dan teksturnya juga lembut sehingga mudah dicerna oleh penderita typus. Nutrisi yang ada di dalam buah ini juga sangat kompleks sehingga bisa memberikan gizi yang cukup. Buah pisang ini bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu digoreng ataupun direbus terlebih dahulu. Buah pisang yang masih segar tentu memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

  1. Alpukat

Selanjutnya, para penderita typus juga boleh memakan buah alpukat. Buah ini memang ampuh dalam membantu menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit typus. Alpukat memiliki banyak kandungan gizi yang bagus untuk tubuh sehingga akan sangat membantu dalam proses penyembuhan penyakit typus. Sebaiknya buah alpukat ini dimakan tanpa tambahan es batu agar lebih aman dan kehigenisannya tetap terjaga.

Jagalah kesehatan Anda dan sebaiknya konsumsilah makanan-makanan yang higenis agar Anda tidak terkena penyakit typus. Selain itu, juga diperlukan istirahat yang cukup sehingga kekebalan tubuh dapat meningkat. Semoga dengan ulasan diatas dapat membantu Anda dalam menangani penyakit typus.

Rujukan Lainnya:

arti mimpi menanam kedelai, arti mimpi panen kedelai, tafsir mimpi panen kedelai

[Dwi Utami - DokterGaul.com]