Cara Mudah Turunkan Demam Secara Alami

Seringkali orang-orang merasakan tidak nyaman saat demam tinggi. Pada saat itu, suhu tubuh memang meningkat dan badan terasa menggigil. Biasanya demam terjadi saat tubuh bersuhu 37,5 derajat celcius atau lebih. Demam disebabkan oleh beberapa faktor antara lain seperti infeksi bakteri atau virus, reaksi alergi, gigitan nyamuk, sengatan lebah, dan lain sebagainya. Ada beberapa cara untuk mengatasi demam, mau tahu lebih lengkapnya? Yuk lihat cara menurunkan demam secara alami berikut ini.

Cara menurunkan demam secara alami

  1. Mandi air hangat

Anda bisa mandi dengan memakai air hangat untuk meredakan demam untuk  membantu merilekskan badan. Apabila badan Anda sudah rileks maka bisa beristirahat dengan lebih nyaman. Mandi air hangat sangat dianjuran karena mampu membantu membunuh bakteri jahat yang  berada di tubuh. Apabila Anda sedang mengalami demam maka sebaiknya Anda  tidak mandi dengan air dingin karena justru akan membuat badan Anda tidak enak. Hal tersebut dikarenakan suhu tubuh akan meningkat akibat aliran darah lebih cepat.

  1. Mengompres dengan memakai air hangat

Metode mengompres tubuh memang sangat manjur untuk meredakan demam. Namun, sebagian orang masih salah dalam mengompres tubuh karena masih menggunakan air dingin. Sebaiknya Anda mengompres dengan air hangat dengan membasahi handuk dengan air hangat lalu diperas hingga maksimal. Nah, setelah itu Anda bisa menerapkannya pada dahi atau lengan Anda. Apabila dirasa kain kompres sudah kering maka Anda bisa menggantinya dan mencelupkan ke air hangat kembali.

  1. Minum teh yang dicampur dengan air lemon dan madu

Saat demam melanda seakan tubuh terasa dingin dan menggigil maka saat itulah Anda membutuhkan minuman hangat. Anda bisa mengonsumsi minuman teh hangat yang dicampur dengan air lemon dan madu. Ketiga bahan tersebut memang memiliki khasiat yang hebat dan bisa menghangatkan tubuh. Selain itu juga mengandung banyak antioksidan yang tinggi sehingga akan sangat membantu dalam memperbaiki tubuh.

  1. Makan sup hangat

Sup hangat akan meredakan demam sekaligus ampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mengonsumsi sup hangat yang kaya rempah sehingga tubuh tidak menggigil dan menjadi lebih hangat. Selain itu, Anda juga memerlukan asupan protein agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan lebih cepat. Sumber protein tersebut dapat berasal dari telur, daging ayam, ataupun sayur-sayuran.

  1. Mengonsumsi spicy food

Makanan yang terasa pedas memiliki banyak kandungan senyawa capsiasin yang bisa meningkatkan sirkulasi darah. Pada saat makan makanan yang pedas biasanya tubuh cenderung akan mengeluarkan keringat. Hal tersebut tentu akan sangat membantu dalam meredakan demam karena suhu badan akan turun. Makanan pedas juga akan mampu meningkatkan nafsu makan sehingga Anda tetap akan mendapatkan asupan nutrisi yang tetap bagus.

Selain dari cara-cara diatas, sebaiknya anda menjaga tubuh Anda agar tidak sampai dehidrasi karena demam akan mengakibatkan tubuh kehilangan cairan yang begitu banyak. Hal tersebut dapat diatasi dengan banyak minum air putih dan memperbanyak makan makanan yang berkuah seperti sup hangat, meminum jus, dan lain sebagainya. Demikian ulasan tentang cara meredakan demam secara alami. Semoga dapat membantu.

Rujukan Lainnya:

pidarta bahasa bali tema demam, pidato bahasa bali tentang demam berdarah, tersedak nyamuk, cara alami mengatasi demam ngigil bayi, contoh spanduk tema pilek, lp demam berkepanjangan

[Dwi Utami - DokterGaul.com]