10 Ciri Flu Anda Bukan Flu Biasa

DOKTERGAUL.COM – Flu adalah penyakit yang setiap orang pasti pernah merasakannya. Namun, adakalanya anda tidak dapat menganggap remeh penyakit flu. Ada beberapa tanda yang jika anda merasakannya saat flu, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena kadang kala, flu jadi pertanda awal dari beberapa penyakit seperti asma, alergi, diabetes, ginjal, HIV, dan lain-lain.

Berikut ini 11 ciri flu anda bukanlah flu biasa:

Berlangsung lebih dari 4 hari

Pada umumnya, flu biasa hanya berlangsung sekitar 3-4 hari. Jika flu anda berlangsung lebih lama dari 4 hari, sebaiknya anda mulai membuat janji dengan dokter, karena bisa jadi hal ini mengindikasikan adanya penyakit lain yang lebih serius.

Anda baru pulang dari luar negeri

Perjalanan antar negara, bisa mengindikasikan anda tertular penyakit yang serius saat di luar negeri. Bila anda baru saja pulang dari luar negeri dan mengalami flu, maka sebaiknya anda menemui dokter anda.

Anda demam tinggi

Meskipun flu biasa diiringi dengan demam, namun demam di atas 101 derajat Fahrenheit dapat mengindikasikan anda mengalami radang tenggorokan atau masalah lain yang lebih serius.

Anda demam ringan dalam waktu lama

Meskipun anda mengalami demam yang ringan, jika berlangsung dalam waktu lama mengindikasikan bahwa tubuh anda sedang berjuang melawan sesuatu yang lebih serius dari sekedar flu biasa.

Anda mengalami sakit perut

Mual, muntah, atau diare biasanya terjadi tanpa disertai demam dan flu. Jika anda mengalami hal tersebut, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Karena itu berarti anda mengalami sesuatu yang lebih dari flu biasa.

Anda mengalami sakit kepala

Sakit kepala yang disertai pilek atau leher kaku biasanya mengindikasikan anda mengalami meningitis. Sedangkan, sakit kepala berat di sekitar mata dan hidung merupakan salah satu gejala sinus.

Dada anda terasa sakit atau sulit bernafas

Meskipun batuk biasanya bersamaan dengan pilek, namun jika hal tersebut juga diiringi dengan nafas yang pendek atau dada yang sakit, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Masalah pernafasan biasanya merupakan salah satu ciri bronkhitis atau pneumonia.

Anda merasa sakit di satu area

Merasakan sakit di satu area khusus merupakan pertanda bahwa flu anda bukanlah flu biasa. Penyakit seperti sinus biasa ditandai dengan sakit kepala bahkan sakit gigi. Sedangkan infeksi telinga biasanya diiringi dengan rasa sakit di salah satu bagian telinga.

Sakit anda memiliki pola tertentu

Membedakan alergi dengan flu biasa memang sedikit sulit karena memiliki tanda yang hampir sama. Tapi akergi biasanya memiliki pola tertentu. Jika anda merasakan flu anda semakin parah dalam kondisi tertentu, saat dekat dengan hewan misalnya, hal ini menunjukkan bahwa anda mengalami alergi.

Rujukan Lainnya:

obat utk pilek tenggelam, amorf urat positif, apa itu pilek tenggelam, Pilek tenggelam, flu tenggelam, gendang telinga ketarik, obat batukmef, obat flu MEF, amorf positif 1, Penemu obat tetanu

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]