Cara Membuat Lulur Bedak Mangir

DOKTERGAUL.COM – Wanita pada jaman dahulu terkenal karena memiliki kulit yang halus juga bersinar. Mereka memakai ramuan yang biasa digunakan oleh putri keraton yang bersumber dari ramuan-ramuan tradisional yang diracik secara alami, tanpa ada tambahan bahan kimia.

Puteri Keraton Cantik

Salah satu produk tradisional khas puteri keraton yang hingga kini masih dikenal luas adalah lulur bedak. Saat ini banyak sekali produk yang dijual di pasaran yang berfungsi sebagai lulur yang berfungsi untuk menghaluskan kulit.

Tetapi alangkah baiknya apabila anda mulai kembali ke bahan-bahan alami yang sudah disediakan oleh alam. Pasalnya, terkadang lulur bedak yang dijual di pasaran memiliki kandungan beberapa bahan kimia yang kita tak tahu apa itu, entah bahan kimia itu berbahaya atau tidak tahu.

Karena kandungan yang ditulis di kemasan sebenarnya berbeda dengan kandungan yang sebenarnya ada di produk tersebut. Alhasil akhirnya, untuk seseorang yang memiliki kulit sensitif akan cepat terkena iritasi kulit yang ditandai dengan timbulnya ruam-ruam merah maupun benjolan seperti habis digigit nyamuk.

Luluran

Salah satu lulur alami yang dikenal cukup bagus untuk perawatan tubuh adalah lulur bedak mangir. Daripada membeli yang sudah jadi, Anda sebenarnya bisa dengan mudah membuat lulur bedak mangir ini di rumah.

Bahan-bahan Untuk Membuat Lulur Bedak Mangir

Ada sejumlah bahan yang harus Anda siapkan sebelum memulai pembuatan lulur bedak mangir ini, antara lain sebagai berikut:

1. Tepung beras, yang biasanya kita gunakan untuk membuat kue ataupun roti, kita sediakan sebanyak seperampat liter saja.

2. Tepung pati bengkoang

Bengkoang memang dikenal sejak dulu sebagai buah berwarna putih bersih yang bermanfaat untuk memutihkan sekaligus menghaluskan kulit.

Bengkoang pun sering dijadikan sebagai komposisi utama dalam pembuatan suatu produk kecantikan modern. Bila anda ingin menggunakannya untuk pembuatan lulur bedak mangir ini maka anda membutuhkan 1 ons tepung pati bengkoang ataupun tepung sari bengkoang.

3. Kayu manis

Anda pasti sering mendengar atau mungkin menggunakan kayu manis. Yups, kayu manis memang dikenal luas dapat membuat makanan menjadi manis, sehingga sering digunakan untuk bahan campuran maupun pelengkap roti ataupun kue sebagai pemberi aroma maupun cita rasa masakan. Anda membutuhkan seperempat ons kayu manis untuk pembuatan lulur.

Selain ke 3 bahan yang disebutkan di atas anda juga membutuhkan bahan lain seperti kayu mesoyi sebanyak seperempat ons sama dengan jumlah kayu manis yang tadi dibutuhkan. Klabet sebanyak 1 sendok teh saja.

Klabet memang tidak banyak orang tahu ataupun menggunakannya. Tapi biasanya beberapa orang menggunakannya untuk membuat masakan kari.

Selanjutnya adalah temu giring. Temu giring adalah jenis tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai jamu dan juga obat untuk anak ketika terserang yang namanya cacingan.

Dan yang terakhir adalah adas sebanyak 1 sendok teh saja. Adas dikenal sebagai salah satu bahan yang dikenal untuk pengobatan tradisional serta bahan untuk pembuatan minyak kayu putih.

Lulur Bedak Mangir

Tata Cara Membuat Lulur Bedak Mangir

Nah, berikut adalah tahapan cara membuat ramuan lulur bedak mangir:

1. Bahan tepung beras dan tepung pati bengkoang dicampur menjadi satu dalam wadah.
2. Kayu manis, kayu mesoyi dan juga klabet anda goreng sangrai di penggorengan dan tunggu sampai kuning menghitam ataupun sudah matang sempurna.
3. Bahan temu giring dan adas ditumbuk halus Hingga menjadi tepung.
4. Dan kemudian semuanya dicampur menjadi satu, kemudian anda dapat menggunakannya di tubuh anda.

Nah, untuk menggunakan lulur bedak mangir ini adalah dengan cara mencampurkan sedikit air dengan campuran lulur bubuk yang telah anda buat tadi, lalu bubuhkan ke kulit anda secara merata dan gosok-gosokkan di badan secara halus dan juga merata.

***

Demikianlah cara membuat lulur bedak mangir dan cara pengaplikasiannya. Semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Rujukan Lainnya:

bedak limbi, cara membuat karnopen, bahan pengganti tawas, bedak robisis reaksi, bedak kenyen, obat digigit luwing, bahan aktif sabun give, cara memakai bedak chiilih, bedak yang mengandung antihistamin, bedak yang mengandung anti

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]